“Nasib Program Kerja Organisasi Yang Miris Tertimbun Pandemi”

Ipnubantarbolang.com,-

Merebaknya corona atau covid -19 pada awal maret lalu juga berimbas pada program kerja organisasi. Sejumlah kegiatan terpaksa mengalami pembatalan atau penundaan akibat wabah tersebut.

Salah satunya adalah kegiatan Konfercab Ipnu-Ippnu kabupaten Pemalang.Yang di jadwalkan pada tanggal 9-12 April lalu terpaksa harus dibatalkan atau mengalami penundaan sampai waktu yang ditentukan.

Tidak hanya itu,proses pembuatan Kartu Tanda Anggota (KTA) Ipnu-Ippnu juga menjadi terbengkala. Rencananya KTA ini menjadi syarat wajib untuk bisa mengikuti kegiatan Konfercab tahun ini. Semua program kerja menjadi overload untuk sementara karena kondisi wabah yang sedang melanda.

PAC Ipnu-Ippnu Bantarbolang juga mengalami hal yang sama. Dengan mengurangi sejumlah kegiatan yang bersekala besar untuk tetap mena`ati Peraturan Pemerintah.Terakhir kami mengadakan acara Pengukuhan DKAC CBP-KPP Bantarbolang pada tanggal 22 Maret 2020 lalu. Sebelum pemerintah benar-benar melarang kegiatan yang melibatkan orang banyak atau melakukan kebijakan PSBB.

Rencananya PAC Ipnu-Ippnu Bantarbolang juga akan mengadakan Rakerancab (Rapat Kerja Anak Cabang) yaitu penyusunan program kerja tiap-tiap bidang.Tapi apalah daya,kita hanya bisa berencana selebihnya tuhan yg menentukan. Belum sempat acara ini dilaksanakan kita sudah di uji terlebih dahulu oleh wabah corona yang melanda. Akibatnya untuk agenda tersendiri belum bisa terealisasikan.

Setelah pelantikan kami mengalami vakum untuk sementara karena wabah corona. Namun dalam kevakuman ini kita dari PAC Ipnu-Ippnu Bantarbolang untuk tetap produktif tetap ada usaha. Vakum di sini bukan berarti kita lepas dari tanggung jawab organisasi namun tetap ada usaha walaupun untuk melangkah pada jadwal yang semestinya mengalami penunda`an. Dengan situasi dan kondisi ini menjadi tantangan dalam menguji loyalitas kader.

Adanya wabah corona ini juga mengakibatkan sejumlah kegiatan PAC Ipnu-Ippnu Bantarbolang ramadhan tahun ini berbeda dengan ramadhan tahun lalu. Ada beberapa kegiatan ramadhan tahun lalu yang tidak bisa terlaksana pada ramadhan kali ini.

Ramadhan lalu PAC Ipnu-Ippnu menggelar acara bagi-bagi takjil.Yang merambah pada ranting-ranting. Setiap ranting menyalurkan 10 bungkus takjil untuk dikumpulkan pada PAC dan selanjutnya dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan di sekitar lingkup Bantarbolang.

Kegiatan sosial ini tentunya memberikan banyak sekali pelajaran bagi kami anggota Ipnu-Ippnu tentang kepedulian terhadap sesama,berbagi itu indah,dan perintah sedekah melatih keikhlasan pada diri dan pentingnya rasa bersyukur,membuat kita tergugah ternyata masih banyak yang lebih membutuhkan daripada kita,ada yang lebih sulit bahkan kurang. Namun sayangnya kini kami tidak bisa mengadakan kegiatan tersebut karena melihat situasi kondisi yang sedang tidak memungkinkan.Tetap mematuhi peraturan pemerintah.

Ranting-ranting yang ada di bawah PAC juga menyampaikan hal yang sama. Sebagian program kerja mereka terpaksa tidak dijalankan. Seperti melakukan Terawih keliling,tadarus keliling dan biasanya bersih-bersih masjid keliling.Tidak hanya itu sejumlah program yang telah di buat oleh bidang SBO juga mengalami pembatalan.

Kami sangat berharap wabah virus corona ini cepat menghilang dari bumi ini. Agar kami bisa melanjutkan kembali belajar,berjuang dan bertaqwa seperti semestinya. Berorganisasi sesuai jenjang menjadi kader yang militan bernafaskan Ahlussunah waljama`ah ala nahdlotil ulama. Kami ingin menjalankan roda organisasi ini dengan tenang dan khidmat tanpa ada wabah corona.

Semoga wabah corona cepat selesai dan semoga kita dapat mengambil hikmah di balik ini semua.

#Tetap Semangat💪 Beripnu-Ippnu🌹…

#Salam Berjuta✊🏻🌹

Penulis : finandi apik aeni

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *